Kamis, 19 September 2013

Potensi Sumber Daya Alam Perairan



Sebagian besar wilayah Negara kita berupaperairan yang banyak sekali menyimpan kekayaan alam. Apa saja kekayaan alam itu ? Potensi sumberdaya alam perairan Indonesia dikelompokkan menjadi dua jenis, sumberdaya pesisir dan laut serta sumberdaya  air.

 a.     Sumberdaya pesisir dan laut
Sumber dayapesisir dan laut Indonesia  terdiri atas sumber daya mineral dan sumberdaya biotik (segala macam makhluk hidup di air), dan sumber daya botik (segala macam makhluk tak hidup di air).
Contoh sumber daya erdaya mineral adalah magnesium, kalsium, pasir, timah, dank koral.Contohsumberdayabiotikantaralainikandan rumput laut.

 b.     SumberDaya Air
Pembahasan mengenai sumber daya air meliputi jumlah air, persebaran, danmafaatnya bagi kehidupan.
Daerah perairan di Negara kita meliputi laut, sungai, dan danau.
Masing masig daerah perairan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Sungai dan danau dapat dimanfaatkan untuk perhubungan, pengairan tanah pertanian, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Sungai dengan air yang deras dapat ditampung dalam bendungan atau waduk. Air waduk dalam jumlah besar dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan wisata air.
 Contoh-contohpemanfaatansungaiuntuk PLTA adalahsebagaiberikut.
ü  PLTA jatiluhur di Jawa Barat
ü  PLTA RiamKanan di Kalimantan Selatan
ü  PLTA Mrica di Sungai Serayu, Jawatengah
ü  PLTA Karangkates di JawaTimur
ü  PLTA Asahan di Sumatera Utara
ü  PLTA Sentani di Bali.
Sumber dayaalam yang  telah disebutkan dapat di kategorikan menjadi dua, yakni sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbarui.    Yang termasuk sumber dayaalam yang dapat diperbarui adalah hutan, air, tumbuhan,hewan,danudara.
                Sementara yang termasuk sumber daya yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi, mineral, danenergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar